Kam. Jan 27th, 2022

Andi Iskandar Esa Dg.Pasore Terus Berupaya Kembalikan Kejayaan Kerajaan Tallo Yang Terbengkalai

Makassar,Corongislam,-Kerajaan Tallo adalah salah satu kerajaan suku Makassar yang terdapat di Sulawesi Selatan.Kerajaan ini berhubungan erat dengan KerajaanGowa, yang secara bersama-sama setelah Islamisasi persekutuan kerajaan Gowa-Tallo oleh para sejarawan disebut dengan nama Kesultanan Makassar.

Namun kini kerajaan tallo mulai terbengkalai, mulai dari tidak adanya pengganti Raja setelah pelantikan Raja Tallo ke 18 yakni Alm. Brigjend Purn H. Andi Oddang Sultan Harun Arrasyid Krg.Pabeta, dan juga rumah adat kerajaan Tallo.

Namun Andi Iskandar Esa Dg.Pasore kini mulai membenahi semuanya melalui Lembaga Adat Passereanta Firman Sombali Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo Sulsel, bersama para keturunan kerajaan Tallo, para Gallarrang, serta para pemangku adat.

Andi Iskandar Esa Dg.Pasore selaku ketua lembaga adat terus berupaya mengembalikan kejayaan kerajaan Tallo melalui berbagai cara.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk kembalikan kejayaan Kerajaan Tallo, serta akan kembali mengangkat Raja untuk Tallo melalui musyawarah dan prosedur yang sudah disepakati pada saat kami lakukan pertemuan dengan para keturunan, para Gallarrang, pemangku adat, dan juga tumbu appaka ri Tallo, untuk bersama mencari Raja untuk Kerajaan Tallo sesuai Prosedur”,jelas Andi Iskandar Esa Dg.Pasore.

Lebih lanjut ia juga menambahkan,”serta kami berupaya membangun rumah adat kerajaan Tallo dengan mencari Lahan atau tanah Adat kerajaan Tallo yang selama ini banyak yang menyalahgunakan untuk kepentingan pribadi untuk dikuasai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dan hanya untuk pribadinya bukan untuk kejayaan kerajaan”,terangnya.

Andi Iskandar Esa Dg.Pasore juga berharap kepada pihak terkait agar bisa bersinergi untuk membantu dalam setiap kepengurusan untuk bersama membangun kerajaan Tallo

(Laporan Herman)