Sel. Agu 16th, 2022

Belum Daftar atau Sudah Daftar, Yuk, Simak Ulasan BPJAMSOSTEK Untuk Para Pekerja

Jawapossmks.com,- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau sering juga disebut BPJS TK resmi mengubah nama panggilannya menjadi BPJAMSOSTEK. Langkah ini untuk mempermudah pengenalan perusahaan.

Selain itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJamsostek menyatakan pihaknya juga menyiapkan sebuah aplikasi digital dengan nama Jamsostek Mobile yang bisa di unduh oleh para pekerja, dengan fitur unggulan yakni klaim dana Jaminan Hari Tua (JHT) tanpa perlu ke kantor, dan juga masyarakat bisa masuk langsung di google search dan mencari tentang BPJamsostek untuk klaim dan lainnya

BPJAMSOSTEK juga terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan, yakni juga bersifat memberikan jalan keluar atau penyelesaian/pemecahan masalah untuk para pekerja.

BPJS Ketenagakerjaan didorong untuk terus meningkatkan kepesertaan dan pelayanan tidak hanya kepada tenaga kerja non aparatur sipil negara (Non ASN) tetapi juga kepada para pekerja formal dan informal.

Harapan itu muncul dalam diskusi bertajuk “Implementasi Inpres No. 2 Tahun 2021 dan Program BPJS Ketenagakerjaan dalam Pelayanan Kepesertaan yang Responsif, Cepat, Efektif dan Berkeadilan secara daring dan luring di Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Pemberi kerja secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta kepada BPJS, sesuai dengan program jaminan sosial yang diikuti dan pekerja berhak untuk mendaftarkan diri sebagai peserta program jaminan sosial atas tanggungan pemberi kerja apabila pemberi kerja telah nyata-nyata tidak mendaftarkan pekerjanya pada BPJS.

Mengenai jaminan sosial tenaga kerja diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (“UU BPJS”), salah satunya BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian.

Dari informasi diatas anda bisa langsung mendaftarkan diri anda melalui perusahaan atau melapor langsung ke pihak BPJamsostek untuk mendapat informasi lebih lanjut dan bisa menikmati berbagai macam jaminan untuk kesejahteraan anda bersama keluarga.