13 Juli 2024

H-14 , Rakernas APEKSI XVI Makassar Kemas Kota Makan Enak Hingga Kunjungan Lokasi Bersejarah dan Lorong Wisata

1

MAKASSAR, — Kesiapan Kota Makassar sebagai tuan rumah penyelenggara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2023 terus dimatangkan.

Hal itu diungkapkan, Kepala Bagian Kerjasama Kota Makassar, Andi Zulfitra Dianta, Senin (26/06/2023).

Katanya, kegiatan yang digelar mulai tanggal 10-14 juli 2023 ini semakin digenjot kesiapannya. Para OPD pun semakin mengoptimalkan tugas yang sudah menjadi tanggung jawabnya agar Rakernas APEKSI di Kota Makassar sukses terselenggara.

“Pelaksanaannya semakin dekat. Persiapannya sudah 90 persen. Tapi lebih optimal lagi. Semua OPD Wajib mendampingi Kepala Daerah yang nantinya hadir di Makassar,” ujarnya.

Pada perhelatan nasional ini, kata dia, Kota Makassar akan menyuguhkan hal yang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan penyelenggaraan APEKSI di kota-kota sebelumnya.

Seperti pada saat pembukaan Rakernas APEKSI XVI tanggal 12 Juli 2023 mendatang di Upperhills, tamu akan disuguhkan 10 stand yang berisi makanan pilihan khas Kota Makassar salah satunya Coto dan Pallubasa.

Suguhan makanan khas ini menjadi salah satu upaya untuk memperkenalkan tagline Makassar Kota Makan Enak kepada seluruh tamu. Karena Makassar identik dengan kulinernya yang enak dan yang paling penting tersedia 24 jam.

“Jadi nanti bentuk forum pembukaannya itu panggungnya bundar jadi kepala daerah semua mengelilingi panggung. Nah di belakang itu kami siapkan menu khas Kota Makassar. Jadi tamu semua nantinya akan menikmati hidangan itu,” ungkapnya.

Selain itu, malam harinya akan diadakan karnaval budaya di dua jembatan Toraja CPI yang semua rombongan peserta APEKSI akan menampilkan budaya dari masing-masing kota asal.

Untuk kelancaran kegiatan itu, ia berkordinasi dengan Dishub, Satpol PP dan dari pihak TNI/Polri untuk menurunkan personilnya agar mengatur lalu lintas dan keamanan saat acara berlangsung.

Keesokan harinya, akan ada fun sport dimana pesertanya seluruh kepala daerah akan menjajal keindahan Kota Makassar menggunakan sepeda.

Usai bersepeda, Pemkot Makassar juga menyiapkan 300 pohon Tabebuya untuk ditanam serentak oleh peserta fun sport di area CPI.

Tak sampai di situ, Pemkot Makassar juga menyiapkan beberapa Lorong Wisata yang akan dikunjungi 98 Kepala Daerah. Seperti Lorong Sydney dan Lorong Milan.

“Setelah dari Longwis, Peserta akan diajak langsung ke Benteng Rotterdam dan akan dijamu di sana dengan berbagai kulineran Makassar yang enak-enak,” bebernya.

Dia menegaskan ujung dari lawatan nasional ini sangat berdampak pada pendapatan pajak restoran dan lainnya.

“Kunjungan ke tempat wisata pasti juga akan meningkat. Efeknya sangat nyata,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan