24 Juli 2024

Hari Kesaktian Pancasila, AKBP Erwin Syah : Upacara Dapat Dijadikan Momentum Menumbuhkan Nasionalisme dan Patriotisme

1

JP SIDRAP – Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah,SIK menghadiri upacara Kesaktian Pancasila yang dipimpin Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf Andika Prihantoro,SE.,M.I.Pol di Lapangan SKPD Kabupaten Sidrap. Minggu (1/10/2023).

Sementara di Mapolres Sidrap, Upacara Kesaktian pancasila dipimpin oleh Waka Polres Sidrap Kompol M.Akib di Lapangan Apel Mapolres Sidrap dengan dihadiri oleh pejabat utama, para Kasat, Kapolsek, Kasubbag, Kasi, dan Perwira Staf.

Kegiatan upacara di awali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur upacara kemudian di lanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan naskah UUD 1945, dan pembacaan naskah ikrar.

Adapun tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini adalah Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.

Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah,SIK mengatakan bahwa, Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober untuk memperingati pentingnya Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia dan Peringatan ini tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI.

“Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam aksi G30S PKI pada 30 September 1965 oleh PKI. Korban G30S PKI tersebut terdiri dari 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD”, Ujarnya.

Dibalik kesaktian Pancasila, memiliki makna penting bahwa Pancasila adalah dasar Negara yang tidak boleh diubah oleh siapapun. Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober diperingati karena ideologi Pancasila kembali dikuatkan oleh pemerintah pasca peristiwa G30S/PKI.

“Upacara ini dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme, Dengan upacara ini, kita maknai lagi nilai-nilai utama dalam butir-butir pancasila sebagai semangat untuk membangun bangsa”, Terang Kapolres.

Tinggalkan Balasan