24 Juli 2024

Kembali LAPFS Sulsel Pasang Plang Kepemilikan Lahan Adat di Kawasan Parangloe Makassar

0

Makassar,JPM- Kembali lembaga adat passereanta firman sombali kerajaan Islam kembar Gowa tallo DPP Provinsi Sulsel memasang papan bicara atau Plang terkait tanah adat kerajaan tallo pada Kamis, 11 Mei 2023.

Lahan adat yang berada di Kawasan Parangloe Kecamatan Tamalanrea kota Makassar. Menurut ketua Lembaga Adat Firman sombali kerjaan islam Kembar Gowa Tallo, Andi Iskandar Esa Daeng Pasore,” Kami sudah menyurat ke kecamatan tamanlanrea dan kelurahan tamanlanrea serta tamanlanrea indah, bahwa lokasi tersebut adalah tanah adat milik kerajaan tallo sesuwai maklumat tahun 1901 dan 1902″,jelasnya.

Lebih lanjut ia juga menambahkan,”maka dari itu mohon pihak BPN dan Lurah serta Camat tidak memberikan pernyataan bila mana ada yg mau meningkatkan alas hak dan di mana bina marga dan BPN kota Makassar membayar atas dasar sertifikat ajudikasi yang tertulis tanah milik adat”,jelas Andi Iskandar.

Ia juga berharap pemerintah kelurahan tamanlanrea dan tamanlanrea indah, agar kiranya tidak menerbitkan sporadit atau keterangan terkait keterangan kanwil propinsi di mana lokasi tersebut belum di alihkan karna itu tanah milik adat kerajaan tallo.

Ia juga menegaskan jika ada penerbitan, maka lembaga adat DPP dan DPD serta 15 DPC akan turun aksi di kantor camat dan kelurahan tamanlanrea serta tamanlanrea indah.

Dimana tim hukum Kerajaan Tallo PETRUS EDY, SH. MH CPCLE, C.Med, melakukan upaya secara hukum karena memang lokasi tersebut setelah di amati benar itu tanah adat bahkan pembebasan jalan tallasa city berdasarkan tanah adat milik kerajaan tallo dan belum pernah di bebaskan kepada pemilik tanah adat tersebut.

NAMA NAMA TEAM PENGACARA:

1.PETRUS EDY, SH. MH CPCLE, C.Med

2.MUHAMMAD BIN KASAN, S.H

Tinggalkan Balasan