16 Juli 2024

Pemkot Makassar: Kesiapan Rakernas APEKSI Sudah 90 Persen, 70-an Asosiasi Pemkot Terkonfirmasi Hadir

0

MAKASSAR,- Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional atau Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI, Pemkot Makassar sudah menyatakan kesiapannya.

Hingga tersisa dua pekan lagi, persiapan dinyatakan mencapai 90 persen dan sekira 70-an Pemkot terkonfirmasi akan hadir.

Kepala Bagian Kerja Sama Setda Kota Makassar Zulfitrah mengatakan persiapan Pemkot Makassar sudah 90 persen. Pihaknya mengaku optimis sukses dalam penyelenggaraan lantaran tupoksinya tinggal melanjutkan event nasional dan internasional yang sebelumnya telah dilaksanan; OTDA dan MNEK.

Ia katakan, konfirmasi kehadiran kota-kota juga di kisaran 80 persen sampai Jumat kemarin. Harapannya terus bertambah dalam waktu yang tersisa.

“Sudah 70-an dari total 98 kota. Kita harap bertambah di sisa 2 minggu ini,” kata Zulfitrah, Senin, (26/06/2023).

Agenda dan rangkaian acara yang disiapkan Pemkot Makassar, tambah dia, sangat menarik untuk kota-kota lain yang ingin ke Makassar selain untuk belajar dan bertukar pengetahuan.

Di samping itu, timnya juga bakal memperkenalkan sajian kuliner-kuliner terkenal di Makassar yang tentunya sangat popular.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan persiapan timnya dalam menyambut APEKSI kian matang. Selanjutnya dipermantap pada rapat-rapat teknis yang akan datang. Apalagi, koordinasi antara Pemkot Makassar dan APEKSI juga intens dilakukan baik melalui grup whatsapp maupun rapat daring.

Sejumlah kegiatan akan mewarnai perhelatan Rakernas APEKSI XVI tahun ini. Suguhan istimewa juga akan dihadirkan, seperti pembuatan perahu Pinisi, dan rumah adat Tongkonan di tengah-tengah area ICE XIX.

“Rakernas APEKSI tahun ini terbilang istimewa dan menjadi momen perpisahan bagi beberapa wali kota yang masa jabatannya akan berakhir tahun ini. Kami akan membuat Rakernas kali ini sebagai momen bersejarah yang pantas untuk dikenang,” kata Danny.

Danny berharap dengan sejumlah persiapan dan koordinasi yang dilakukan tanpa putus hingga Rakernas APEKSI berjalan lancar, sukses tanpa kendala berarti, dan membawa manfaat ekonomi bagi Kota Makassar untuk terus dua kali tambah baik.

Tercatat dalam Rakernas XVI kali ini ada 11 rangkaian acara yang akan berlangsung 10-14 Juli 2023, di antaranya;

  1. Youth City Changer pada 10-11 Juli di Tokka Tenarata
  2. Gala Dinner pada 11 Juli di Anjungan Pantai Losari
  3. Opening Rakernas pada 12 Juli di Upperhills
  4. Pleno dan Panel pada 12-13 Juli di Upperhills
  5. Indonesia City Expo pada 12-14 Juli  di CPI
  6. Karnaval Seni Budaya pada 12 Juli di Jembatan Toraja CPI
  7. City Tour pada 13 Juli di Lorong Wisata dan Benteng Fort Rotterdam
  8. Ladies Program pada 13 Juli di Benteng Fort Rotterdam
  9. Fun Sport pada 13 Juli di Anjungan Pantai Losari
  10. Penanaman Pohon pada 13 Juli di CPI, dan
  11. Investment Forum pada 14 Juli di Hotel Claro Makassar. (*)

Tinggalkan Balasan