16 Juni 2024

Polres Luwu Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

 


JP Luwu – Polres Luwu melaksanakan kegiatan upacara peringatan hari lahir pancasila tahun 2024, bertempat di Halaman apel Polres Luwu. Sabtu (01/06/2024).

Hari lahir pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni ini, diawali oleh pidato Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai, di mana ia memperkenalkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Upacara peringatan hari lahir pancasila yang dilaksanakan di Polres Luwu, dipimpin langsung oleh Wakapolres Luwu Kompol La Makkanenneng, S.E., serta diikuti oleh seluruh personil Polres Luwu baik jajaran Perwira dan Bintara.

Dalam upacara hari lahir pancasila tahun 2024, mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”.

Wakapolres Luwu membacakan amanat nasional Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik indonesia, bahwa tema yang diusung tahun ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Di dalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika”. Ucap Wakapolres Luwu.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.” Lanjutnya.

“Sebagai penutup kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai pancasila.” Tutup Wakapolres Luwu membacakan amanat nasional.