13 Juli 2024

Polres Pinrang Gelar Pelatihan Polisi RW Terobosan Baru Jaga Kamtibmas

0
JP PINRANG,- Polres Pinrang menggelar pelatihan Polisi RW sebagai upaya mewujudkan situasi Kamtibmas demi keamanan, rasa nyaman, dan kondusifitas lingkungan.

“Polisi RW ini merupakan program Unggulan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo” Kata Kabag SDM POlres Pinrang Kompol Nurdin.

Adapun polisi RW yaitu Polisi yang ditugaskan di wilayah tempat tinggalnya, yang bertanggungjawab melaksanakan tugas kepolisian di lingkungan.
Pelatihan sekaligus bimbingan dipimpin oleh Kabag SDM POlres Pinrang Kompol Nurdin yang didampingi Kasat Binmas Polres Pinrang Kompol Baharuddin.

Kegiatan ini juga diikuti oleh calon pengemban tugas selaku Polisi RW. Bimbingan dan pelatihan sebagai Polisi RW dilaksanakan di Aula Quick Wins.
Sebelum melaksanakan tugas sebagai Polisi RW, para Polisi terlebih dahulu diberikan bimbingan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Kompol Nurdin menjelaskan bahwa pembentukan Polisi RW merupakan program terbaru dari Kapolri untuk masing-masing Polres maupun Polresta di seluruh Indonesia.

Ia meminta kepada personel yang ditunjuk untuk mengemban tugas sebagai Polisi RW agar mendengarkan, dan memahami apa yang disampaikan narasumber sebagai acuan untuk pelaksanaan tugas di lapangan.

“Kita harus menjaga situasi Kamtibmas agar tetap terjaga dengan aman, nyaman dan kondusif. Oleh karena itu, sebagai anggota Polri harus bisa menjaga komunikasi bersama warga dengan baik, khususnya di wilayah hukum Polres Pinrang. Diharapkan nantinya sekecil apapun informasi itu dapat ditampung dan diserap langsung dari masyarakat,” katanya.

Kasat Binmas Polres Pinrang Kompol Baharuddin selaku narasumber, menyampaikan bahwa Polisi RW yang ditunjuk adalah ujung tombak terdepan di masyarakat karena bertugas di tempat tinggalnya sendiri dengan radius wilayah kerja tingkat RW sehingga mudah untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat, namun tidak mininggalkan tugas pokoknya sebagai Polri personel Polres Pinrang.

“Diharapkan kepada Polisi RW yang telah ditunjuk selalu berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas yang mengemban fungsi Kepolisian di tingkat Desa maupun Kelurahan,” kata Kompol Baharuddin.

Untuk tahap awal Polres Pinrang telah menugaskan puluhan personelnya untuk mengemban tugas sebagai Polisi RW yang mana petugas yang ditunjuk sebagai Polisi RW tersebut merupakan bertempat tinggal di wilayah tugasnya sebagai Polisi RW.
Kasi Humas Polres Pinrang, IPTU Daud, S.Pdi menegaskan bahwa program Polisi RW tersebut akan diterapkan secepatnya. “Akan secepatnya dilaksanakan,” kata dia.

Saat disinggung perbedaan Polisi RW dengan Bhabinkamtibmas, ia menjelaskan bahwasanya Polisi yang tinggal di wilayah RW-nya sendiri yang akan bertanggungjawab atas tugasnya.(*)

Tinggalkan Balasan