16 Juli 2024

PT Unilever Indonesia Gelar Perhelatan Kuliner Akbar di Sulsel, Hadir dan Nikmati Kuliner Jajanan Bango

16

JPM – Bango dari PT Unilever Indonesia Tbk. kembali menggelar perhelatan kuliner akbar tahunan yang selalu dinantikan ratusan ribu pecinta kuliner nusantara, yaitu Festival Jajanan Bango. Sabtu, 7 Oktober 2023, yang berlokasi di
Parking Lot Phinisi Point Mall
Jl. Metro Tj. Bunga No.2, Kelurahan Panambungan, Kecamatan Mariso, Makassar.

Di usianya yang ke-95 tahun, Bango senantiasa konsisten menjaga kualitas agar kecap manis dapat terus menjadi culinary gem yang menyatukan kelezatan aneka kuliner Nusantara dari generasi ke generasi. Lebih dari itu, sebagai misi sosial untuk melestarikan kekayaan kuliner Nusantara,

Setelah terakhir kali menyambangi Makassar tahun 2018 lalu, tahun ini Festival Jajanan Bango sebagai

“Ahlinya Makan Enak” kembali menyambangi Makassar – “Kota Makan Enak” yang dikenal sebagai salah satu daerah dengan kekayaan kuliner lokal yang sangat khas dan beragam, berkat banyaknya pengaruh dari berbagai daerah dan budaya yang berbeda.

Dengan mengusung tema “Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara”, kemeriahan Festival Jajanan Bango 2023 yang kembali didukung oleh Kementerian Pariwisata RI dan program “Wonderful Indonesia”, akan semakin lengkap dengan hadirnya galeri yang memberikan pengalaman multisensori dengan menonjolkan berbagai pesona kuliner nusantara melalui teknologi imersif untuk memanjakan kelima indera para pengunjung.

Diharapkan, pengaman unik ini akan membangkitkan semangat untuk mengapresiasi kekayaan kuliner nusantara sebagai mahakarya yang patut dilestarikan.

Tidak tanggung-tanggung, festival ini akan menghadirkan 45 kuliner legendaris yang terdiri dari 10 legenda kuliner yang didatangkan dari berbagai wilayah nusantara, dan 35 kuliner legendaris asal kota Makassar dan sekitarnya.

Ari Astuti (Tutut), selaku Head of Marketing Nutrition Indonesia, PT Unilever Indonesia, Tbk. menjelaskan dalam sambutannya, “Sejak 1928, Bango selalu konsisten menjaga kualitas melalui penggunaan 4 bahan alami terbaik dan proses pembuatan yang otentik. Hingga kini menginjak 95 tahun, seluruh upaya ini Bango lakukan agar kecap manis yang berkualitas dapat terus lestari sebagai culinary gem kebanggaan Indonesia yang menyatukan kelezatan aneka kuliner nusantara dari generasi ke generasi.”

“Selain itu, Bango juga konsisten melestarikan kekayaan kuliner Nusantara melalui berbagai platform, salah satunya Festival Jajanan Bango yang digagas sejak tahun 2005. Setelah dua kali hadir di tahun 2014 dan 2018 lalu, tahun ini kami kembali menyambangi Makassar; ‘Kota Makan Enak’ dengan pesona kekayaan kulinernya yang begitu istimewa,” lanjut Tutut.

Ditempat yang sama dalam sambutannya, Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Dr. H. Ashari Fakhsirie Radjamilo M.Si selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan, “Sulawesi Selatan merupakan salah satu Provinsi dengan UMKM sebagai salah satu roda penggeraknya, dengan jumlah yang meningkat dari tahun ke tahun.

“Dengan terselenggaranya Festival Jajanan Bango, tidak hanya mencicipi makanan enak, tetapi dampak yang jauh lebih besar yakni berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat, dan memberikan dukungan nyata kepada para pelaku UMKM yang telah berjuang keras untuk mengembangkan usaha mereka. Mari bersama-sama mewujudkan visi pemberdayaan UMKM dan menjadikan Festival Jajanan Bango sebagai perayaan keberhasilan usaha lokal kita.” paparnya.

Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan rempah-rempah di Indonesia, sehingga kuliner di kota ini menjadi begitu khas dan beragam berkat pengaruh dari berbagai budaya yang berbeda. Tidak tanggung-tanggung Festival Jajanan Bango Makassar 2023 menyuguhkan 45 kuliner otentik persembahan 35 legenda kuliner asal Makassar dan sekitarnya, dan 10 legenda lainnya yang didatangkan dari berbagai wilayah nusantara.

Wali Kota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto, yang diwakili oleh Ir. Hj. Rusmayani Madjid, M.SP selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Makassar menanggapi, “Pemerintah Kota Makassar meluncurkan program ‘Kota Makan Enak’ untuk mempromosikan keanekaragaman kuliner dan mengangkat citra kota Makassar sebagai kota yang kaya akan kuliner lezat dan beragam. Festival Jajanan Bango 2023 merupakan salah satu cara menarik wisatawan untuk mencoba kuliner khas Makassar yang lebih sehat dan bergizi, serta mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia sebagai sebuah budaya yang patut untuk dijaga dan diwariskan kepada generasi berikutnya. Jelasnya.

Acara ini juga dapat menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia untuk mengangkat keanekaragaman kuliner lokal sebagai potensi wisata.

“Dengan memperkenalkan keanekaragaman kuliner lokal dan mempromosikannya dengan cara yang tepat, dapat memberikan manfaat yang besar bagi kota tersebut dan memberdayakan ekonomi lokal.”Tutur Hj. Rusmayani Madjid, M.SP

Sebagai acara puncak, akan disajikan kelompok musik Maliq & D’Essentials yang akan menyempurnakan petualangan kuliner di Festival Jajanan Bango Makassar 2023 dengan penampilannya yang atraktif dan lagu-lagu hits yang sudah sangat akrab di telinga.

Tinggalkan Balasan