26 Juli 2024

Upaya Wujudkan Kamtibmas Kondusif Dalam Pilkades Serentak, Polres Sidrap Gelar Deklarasi Damai

0

JP SIDRAP – Dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban diwilayah Hukum Polres Sidrap, Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah. S.I.K melaksanakan Deklarasi Damai dalam rangka pemilihan Kepala Desa serentak Gelombang kedua tahun 2023, bertempat di Aula Parama Satwika Polres Sidrap, Senin (09/10/2023).

Kapolres Sidrap mengatakan, digelarnya deklarasi bertujuan agar para calon kepala desa (cakades) bisa menjaga keamanan, ketertiban serta kondusifitas wilayah masing-masing dan dalam berpolitik agar sesuai dengan etika sehingga perbuatan yang melawan hukum bisa di minimalisir.

“Kami dari pihak Kepolisian Polres Sidrap dan TNI Kodim 1420 Sidrap siap mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak Gelombang kedua tahun 2023 yang ada di wilayah Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) yang mana ada 17 Desa di 8 Kecamatan,” ucapnya.

Dengan adanya deklarasi damai, diharapkan terjalin kerjasama untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah masing-masing. Dengan metode dan gaya masing-masing seperti menjaga simpatisan atau kegiatan yang lainnya yang mengundang kerawanan atau ambang gangguan.

“Selama tahapan pilkades ini, baik dari mulai, sedang hingga setelah selesai tahapan atau pelantikan, kita bersama-sama jaga kondusifitas, sehingga pilkades dapat berjalan aman, tertib, damai dan sejuk.”tegasnya.

Kapolres AKBP Erwin Syah berharap bagi para cakades yang nantinya terpilih agar jangan melakukan eforia berlebihan yang bisa mengundang gangguan kamtibmas.

“Dan bagi yang kalah agar bisa menerima secara lapang dada dan bersama-sama menjaga para simpatisannya sehingga pilkades ini bisa berjalan dengan kondusif.”harapnya

Kegiatan Deklarasi ditutup dengan pembacaan Ikrar Deklarasi Damai oleh perwakilan calon kepala desa yang diikut oleh seluruh calon kepala Desa lainnya. Setelahnya dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi damai oleh masing masing calon tiap desa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Sidrap yang diwakili Sekda Dr. Ns. H. Basra, Ketua DPRD Sidrap H. Ruslan, Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf. Andika Ari Prihantoro, SE, Kejari Sidrap yang diwakili Kasi Pidsus Abdurrahim. SH, MH, Kadis Pemdes Abbas Aras. SP dan tamu undangan lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan