20 Juni 2024

Danny Pomanto Buka Ceremony Dies Natalis ke-60 Fakultas Teknik Arsitektur Unhas

Maros,- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto secara resmi membuka Ceremony Dies Natalis ke-60 Fakultas Teknik Arsitektur Unhas di Tokka Tena Rata, Maros Sabtu, (21/10/2023).

Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan pada dunia sekarang ini arsitek ialah seorang solusint atau orang yang selalu mencari solusi. Itulah kata Danny, para engineering, anak teknik arsitektur, pemuda arsitektur.

“Kenapa saya sampaikan seperti ini? Dunia kita ini luas jadi jangan dipersempit, jangan kita terperangkap oleh dunia kita sendiri. Mereka para arsitek itu punya ide, gagasan yang selalu baru dan tidak pernah ada di dunia,” kata Danny memberi semangat kepada mahasiswa arsitektur di sela-sela peringatan.

Ia menjelaskan, ilmu arsitektur itu intinya ialah ilmu desain; kulit Tuhan. Kalau masuk ke dalam dengan atmosfer lebih dalam lagi maka menjadi ilmu bentuk.

“Ternyata intinya adalah ilmu pikir dan konsep. Makanya saya desain itu lorong menjadi lorong wisata. Jadi memang tidak gampang itu. Apalagi melakukan pelibatan ke masyarakat itu sulit tetapi bisa asal ada inisiatif,” ucap dia.

Termasuk, dia mengarahkan agar memperbanyak outing class dalam momentum dies natalis ini.

Pasalnya, dengan outing class makin memberikan respons positif terhadap panca indera sensorik bahkan panca indera ke enam dapat termaksimalkan.

Ia memisalkan, lokasi Tokka ini didesain sulit. Lantaran berkomitmen tidak menebang pohon, tidak menggeser batu besar karena bagian dari alam.

“Yang dilihat apa yang kita desain dan apa potensi yang ada. Itu tantangan bagi anak-anakku sekalian. Apalagi sekarang juga ada googling. Pun mumpung kampus ini kampus terbaik maka jangan sia-siakan. Tugas anakku sekalian belajar buatlah sesuatu beda yang belum ada di dunia,” ungkapnya.

“Harapan saya momen 60 tahun ini momentum luar biasa. Kami doakan jurusan arsitektur terus berjaya mumpung saya masih wali kota manfaatkan memang mi,” ajaknya. (*)