13 Juli 2024

Dinas PU Kota Makassar Sosialisasikan Air Limbah Domestik PDAM di Mariso

0

MAKASSAR, KORANMAKASSAR.COM — Dalam rangka mempersiapkan peluncuran proyek pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari, Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Kota Makassar menggelar acara sosialisasi mengenai sistem pengelolaan air limbah domestik dan dampaknya terhadap kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 150 undangan yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk Lurah, Ketua Tim Penggerak PKK, para kader, Pengurus BKMT, LPM, dan perwakilan warga dari seluruh Kecamatan Mariso, di Ruang Pertemuan Sipakainge Kantor Kecamatan Mariso, selasa (15/8/23).

Kegiatan sosialisasi tersebut menghadirkan dua narasumber, yaitu Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Air Limbah Dinas Pekerjaan Umum (UPTD PAL DPU) Kota Makassar, Hamka Darwis, yang membahas Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik, serta dr. Udin Saputra Malik, yang menyampaikan materi mengenai dampak air limbah yang tidak dikelola dengan baik.

“Air limbah domestik adalah air limbah dari kegiatan kerumahtanggaan, meliputi mandi, cuci, kakus yang berasal dari permukiman dan atau sumber lainnya seperti rumah makan, perkantoran, perniagaan, hotel, apartemen, asrama, rumah sakit dan industri”, ucap Hamka Darwis.

Oleh karena itu, kata Hamka diperlukan sosialisasi untuk memahami cara pengelolaannya serta dampak yang mungkin ditimbulkan. Kami berharap peserta dapat berbagi informasi yang diperoleh dari acara ini kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal masing-masing.

Sementara Direktur Umum dan Pelayanan Perumda Air Minum Kota Makassar, Indira Mulyasari, dalam sambutannya menggarisbawahi pentingnya pemahaman masyarakat tentang sanitasi.

“Sosialisasi ini sangat penting agar masyarakat dapat lebih peduli terhadap sanitasi. Kami berharap para kader, RT/RW, dapat menjadi agen informasi mengenai pengelolaan dan dampak air limbah, sehingga kesadaran terhadap lingkungan semakin meningkat,” jelas Indira.

Tinggalkan Balasan