26 Juli 2024

Kapolres Luwu Ingatkan Peran Penting Bhabinkamtibmas Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu Serentak 2024

 


JP Luwu – Kapolres Luwu AKBP. Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si., memberikan arahan kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas jajaran yang bertempat di aula Tebbake Tongngenge Mapolres Luwu, Senin (09/10/2023).

Arahan ini diberikan dalam rangka meningkatkan kemampuan personel Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Luwu guna kesiapan pelaksanaan tugas dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif jelang pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang.

Dalam arahannya Kapolres Luwu mengatakan bahwa tujuan arahan kepada para Bhabinkamtibmas adalah untuk menyatukan persepsi, memantapkan sinergitas, sharing informasi serta koordinasi agar terbangun komunikasi terkait apa saja yang mungkin menjadi kendala personil jelang pelaksanaan tugas operasi Mantap Brata pengamanan Pemilu 2024.

“Saya meyakini bahwa Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan dalam tugas Kepolisian yang langsung berinteraksi dengan masyarakat pada komunitas terbawah yaitu di Desa, sehingga diharapkan Bhabinkamtibmas mampu menjadi basis deteksi segala persoalan yang berpotensi berkembang menjadi konflik di masyarakat,” ungkap AKBP Arisandi.

Bhabinkamtibmas juga diharapkan mampu menjadi problem solving terhadap setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat binaannya, memberikan himbauan positif untuk waspada berita hoax, hate speech dan money politics. Terutama ditekankan agar para Bhabinkamtibmas tetap menjaga netralitasnya dan tidak terlibat politik praktis jelang gelaran Pemilu serentak 2024.

“Ada 3 pola atau strategi yang bisa kita terapkan dalam tugas pengawasan dan pengamanan Pemilu, yaitu pencegahan, penindakan dan partisipatif dengan melibatkan komponen masyarakat,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kabag Log Polres Luwu AKP. Samuji, Kabag SDM AKP. Yosep Dendang, Kabag Ops AKP. Achmad, Kasat Reskrim AKP. Muh. Saleh, Kasat Intelkam Iptu Erwin Amran, Kasat Binmas Iptu Daud Sisang serta personil Bhabinkamtibmas dari Polsek Jajaran Polres Luwu.(*)