24 Juli 2024

Kominfo Maros Akan Berlakukan Finger Print Wajah, Ini Kata Herman

fingerprint and password lock in a office building

Maros,Sulsel- Terkait marak diperbicangkan adanya dugaan manipulasi sistem kehadiran dilingkup Instansi Pemerintahan, salah satunya dengan cara mengunakan silikon Fingerprint yang dimana bisa digunakan Oknum ASN untuk memanipulasi kehadirannya, kini Dinas Kominfo Maros akan terapkan Finger Print Wajah.

Menurut Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo), Kabupaten Maros yang dikonfirmasi terkait manipulasi sistem kehadiran mengunakan silikon Fingerprint, kini akan diberlakukan Finger Print Wajah.

“Untuk solusi dan tindakan disiplin finger silikon maka sidik jari di ASN OPD yang dinyatakan memakai silikon akan dihapus dan hanya bisa Finger Print Wajah. Dan itu kita sudah berlakukan dibeberapa Kecamatan”jelas pihak Kominfo Maros kepada awak media pada Selasa, 10/10/2023.

Dari pergantian Fingerprint ke Finger Print Wajah, Herman selaku Keperwil WBN Sulsel sangat mengapresiasi hal tersebut, namun Herman juga menambahkan bahwa untuk beberapa kecamatan serta kapan terealisasi belum ada jawaban dari pihak Kominfo Kab.Maros.

“Saya apresiasi terkait perubahan sistem, namun masih jadi pertanyaan buat saya, Kecamatan mana yang telah diberlakukan serta kapan bisa terealisasi ke 14 Kecamatan di Kab.Maros, karena hal ini penting untuk bisa diperketat disemua lingkup ASN OPD, demi menjaga kedisiplinan ASN, serta Anggaran pengadaannya dari mana, karena semua harus jelas terkait ketransparansian ke publik”,jelas Herman.

Hingga berita ini terbit belum ada jawaban terkait kecamatan mana saja, serta kapan bisa terealisasi secara menyeluruh.