26 Juli 2024

Lembaga Jariminassa Tanralili Gelar Kegiatan Adat Budaya A’langiri Kalompoang

0

Maros,-Lembaga Adat Jariminassa Tanralili Maros gelar kegiatan rutinitas tahunan yaitu A’langiri Kalompoang, berlangsung pada kamis, atau malam Jum’at (13/7/2023) sekitar pukul 20.00 di Sekretariat Lembaga Adat Jariminassa di Dusun Bonto Cinde Desa Alla Arre Kec.Tanralili, Kab.Maros.

A’langiri kalompoan adalah sebuah prosesi adat dalam bentuk mencuci benda pusaka berupa Sudang. Sudang yang dicuci adalah peninggalan raja Gowa ke 26 yaitu Amas Madina Batara Tangka’na Gowa.

Menurut Patahuddin Karaeng Lallo selaku wakil ketua lembaga,”kegiatan rutin kami lakukan dengan waktu yang sama yaitu dibulan haji jum’at terahkir, dimana juga rangkaiannya ada sikkiri juma atau zikir malam jum’at, dan ditutup dengan pencucian benda pusaka warisan para leluhur”,jelas Karaeng Lallo sapaan akrabnya.

Sementara ketua lembaga Abd.Rahman Karaeng Ngilang juga menambahkan,”kegiatan ini adalah kegiatan adat istiadat dari turunan dari somba ke 26 dan dilanjutkan ke anaknya hingga kecucu cucunya, dan mulai sore kita lakukan lekka je’ne yang dimana rombongan ke sumur tua untuk mengambil airnya untuk dipakai mencuci benda pusaka,dan juga kita lalukakan songko bala atau trandisi tolak bala”,jelas ketua lembaga adat.

Dalam kegiatan terlihat padat tamu hingga memenuhi lokasi dimana turut hadir pemangku adat serta lembaga permerhati adat atau pelestarian adat.

Tinggalkan Balasan