16 Juli 2024

Permabudi Sulsel Gelar Open House Hari Waisak 2567/2023

0

JPM – Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Open House hari Waisak 2567/2023 di Atrium Tokyo Mall Pippo, Makassar, Minggu (4/6/2023).

Kegitan ini merupakan puncak dari rangkaian festival Waisak 2023 yang mulai dibuka pada tanggal 27 Mei 2023 dan berakhir 4 Juni 2023.

Mengangkat tema ‘Between The Lines’ yang bermakna diantara garis kehidupan dan kematian mengingatkan kita tentang keseimbangan hidup.
Ketua Permabudhi Yonggris saat membawakan kata sambutan di acara open house Festival Waisak 2023

Ketua Permabudhi Sulsel Yonggris mengatakan bahwa festival waisak 2023 merupakan kegiatan sosial spiritual yang bertujuan mempererat jalinan dan hubungan baik antar sesama manusia.

“Jadi selama 9 hari pelaksanaan festival waisak ini ada begitu banyak kegiatan, selain festival ini kita juga adakan Baksos, Sunatan massal di pulau Barrang lompo. Selain kegiatan sosial tentu kegiatan ritual yang sangat penting hari ini.” ucapnya.

Sementara, Kepala Kesbangpol Kota Makassar, Zaenal Ibrahim mewakili Wali kota Makassar menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Permabudhi Sulsel. mewakili Pemkot Zainal mengucapkan terima kasih karena Permabudhi turut andil dalam menjaga toleransi umat beragama di kota Makassar,

“Pasca Covid kota kita sudah lepas dari kota intoleran. Kami dari pemerintah kota Makssar berterima kasih kepada seluruh umat Budha yang turut andil dalam menjaga toleransi umat beragama di kota Makassar.” ucap Zainal.


Festival Waisak di Mall Pippo Makassar
Kakanwil Kemenag Sulsel Drs. Khaironi mengatakan telah berdiskusi bersama para tokoh agama untuk menggelar kegiatan positif serupa festival waisak,

“Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya oleh Wali kota bahwa kota Makassar sudah tidak lagi menjadi kota intoleran, ini berkat kerja sama para tokoh lintas agama, upaya ini tentunya tidak akan berhenti di sini. Saya sudah berdiskusi dengan para tokoh agama untuk menggelar pentas lintas agama dengan menampilkan festival lampion.” tuturnya.

Hadir pada kegiatan ini, Perwakilan Gubernur Sulsel, Wali kota Makassar yang diwakili Kepala Kesbangpol kota Makassar Zaenal Ibrahim, Kakanwil Kemenag Sulsel Drs. Khaironi, M.Si, para tokoh agama serta seluruh persatuan komunitas agama Budha di kota Makassar(*)

Tinggalkan Balasan