25 Juli 2024

Prediksi Lonjakan Pemudik Akan Meningkat 5%, Pelindo Regional 4 Terus Melakukan Peningkatan Fasilitas

0

JP Makassar – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 memprediksi arus kunjungan kapal dan penumpang pada musim mudik Lebaran tahun ini (2023/1444 H) bakal mengalami peningkatan sebesar 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Peningkatan tersebut diukur secara year on year, atau dibandingkan dengan kondisi yang sama pada tahun lalu,” tegas Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis, di kantornya Jumat 31/03/2023.
Dia menuturkan bahwa tahun ini merupakan mudik Lebaran yang kedua pasca pandemi Covid- 1 9, yang dilakukan oleh masyarakat khususnya di wilayah timur Indonesia dengan menggunakan moda transportasi laut.

“Tentu ada animo khusus juga dari masyarakat sebab selama dua tahun tidak berlebaran bersama keluarga karena terhadang pandemi Covid-19, tahun ini merupakan kali kedua mereka dapat berkumpul kembali bersama keluarga besar, sanak saudara, untuk saling bersilaturahmi di kampung halaman masing-masing,” tuturnya.

Enriany mengatakan, pada musim mudik Lebaran tahun lalu jumlah kunjungan kapal di seluruh pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 mencapai 1 .106 cal]. Diprediksi pada mudik Cebaran tahun ini angka itu akan menjadi sebanyak 1 .161 cal/.
Sedangkan untuk jumlah penumpang yang naik dan turun di semua pelabuhan di Regional 4 pada musim mudik Cebaran tahun lalu sebanyak 607.625 orang.
“Jumlah itu kemungkinan besar akan meningkat jadi 638.006 orang penumpang di periode yang sama tahun ini,” sebutnya.

The Big Five Pelabuhan di Regional 4
Sementara itu, Enriany menyebutkan bahwa The Big Five atau lima besar pelabuhan di Regional 4 dengan jumlah penumpang terbanyak yakni Pelabuhan Makassar, Parepare, Balikpapan, Ternate, dan Ambon.

Di lima pelabuhan ini jumlah penumpang kapal yang naik dan turun saat momen mudik Lebaran tahun lalu mencapai masing-masing 88.378, 74.157, 71.669, 66.620, dan 51.804 orang. “Tuturnya


“Diestimasi pada periode yang sama tahun ini terjadi peningkatan sebesar 5% yaitu menjadi 92.797 penumpang di Pelabuhan Makassar, 77.865 penumpang di Parepare, 75.252 penumpang di Balikpapan, 69.951 penumpang di Ternate, dan menjadi 54.394 penumpang di Pelabuhan Ambon,” bebernya.

Dari Sisi cal/ atau kunjungan kapal, lima terbesar pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 yaitu Ternate, Ambon, Manado, Kendari, dan Makassaryang diprediksi peningkatannya juga mencapai 5% pada musim mudik Lebaran tahun ini, yakni masing-masing mencapai 1 51 cal], 144 cal], 140 cal], 138 cal/, dan 90 cal/.
Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran
Mengantisipasi lonjakan arus penumpang angkutan Lebaran tahun 2023,

Regional Head 4 Pelindo mengakui cukup banyak persiapan yang telah dilakukan pihaknya. Yakni dengan melakukan peningkatan fasilitas terminal penumpang di seluruh pelabuhan kelolaan khususnya di Regional 4.

“Peningkatan fasilitas terminal penumpang yang kami lakukan antara Iain memastikan kesiapan fasilitas pendukung terminal penumpang yaitu AC atau kipas angin, kebersihan toilet, musala, ruang menyusui, ruang informasi, dan alat bantu untuk penumpang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.”

Selain itu juga melakukan perbaikan pengaturan proses Chek in, embarkasi (pemberangkatan) dan debarkasi (penurunan) agar tidak menimbulkan antrean penumpang yang berdesakan.
Juga melakukan sterilisasi dermaga dan terminal penumpang dari orang atau kendaraan yang tidak berkepentingan, melakukan kesiapan ruang kesehatan, tenaga medis, fasilitas kesehatan berupa kotak P3K dari Kantor Kesehatan Pelabuhan.

“Selain itu juga melakukan berbagai penyiapan fasilitas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau rambu K3, perbaikan dan penambahan luasan ruang tunggu sementara (RTS) sebagai ruang tunggu calon penumpang untuk rute pelayaran selanjutnya yang sudah tiba lebih awal di pelabuhan, perbaikan fasilitas penunjang pada ruang tunggu terminal penumpang seperti perbaikan dan kebersihan ruang musala, penambahan dan perbaikan toilet diruang tunggu calon penumpang dan RTS, serta menyediakan /eaf/et atau in.(*)

Tinggalkan Balasan