16 Juli 2024

Tangkal Aksi Premanisme, Polres Toraja Utara gelar Operasi Bina Kusuma Lipu 2023 Di Hari Pertama

0

JP TORAJA – Guna menangkal Premanisme, Kenakalan Remaja, penyalah gunaan obat terlarang, serta Penyakit Masyarakat (Perjudian), Polres Toraja Utara laksanakan Operasi Bina Kusuma Lipu 2023, Rabu (08/03/2023).

Operasi Bina Kusuma Lipu 2023 yang digelar Polres Toraja Utara kali ini, mengangkat Tema “Kita Wujudkan Situasi Kamtibmas yang Aman dan Kondusif serta Bebas dari Premanisme di Wilayah Polres Toraja Utara”.

Pelaksanaan Operasi Bina Kusuma Lipu 2023 Polres Toraja Utara pada hari pertama tersebut dipimpin oleh Kasat Binmas AKP Lewi Tandiarung, yang dalam pelaksanaan Operasi tersebut digelar di tiga titik yaitu di Terminal, Pangkalan Ojek, dan Pasar Bolu di Kelurahan Tallunglipu Matallo Kec. Tallunglipu.

Melalui arahannya sebelum pelaksanaan operasi, Kasat Binmas AKP Lewi Tandiarung mengatakan bahwa pelaksanaan operasi ini dilaksanakan dengan humanis dan Kegiatan yang dilaksanakan berupa pembinaan dan penyuluhan serta memberikan himbauan kepada Masyarakat agar tidak melakukan kejahatan jalanan, menjauhi penyalagunaan obat terlarang, tidak mabuk – mabukan, serta bermain judi yang dapat meresahkan Masyarakat.

Ia meminta kepada Personel yang terlibat nantinya untuk ikut memberikan himbauan ke Masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak Kepolisian jika melihat adanya aksi perjudian, tindakan premanisme seperti Pemalakan, Pungli, Miras serta penyalah gunaan obat terlarang.

‘’Karena kalau kegiatan tersebut didiamkan, sama saja kita membiarkan Penyakit Masyarakat itu berkembang dan menjadi kebiasaan di tengah Masyarakat yang nantinya akan menimbulkan potensi konflik maupun gangguan Kamtibmas lainnya.’’ungkapnya

Saat ditemui, Kasat Binmas AKP Lewi Tandi Arung mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan unit tugas operasional, baik itu preemtif, preventif maupun represif yang diisi dari anggota fungsi Intelejen, Binmas, Sabhara dan Reskrim, dan juga pengawasan dari unit provos.

Dalam pelaksanaan Operasi Bina Kusuma di hari pertama ini, kami melakukan tindakan preemtif dalam bentuk pembinaan dan penyuluhan agar Masyarakat dapat memahami untuk tidak melakukan aksi premanisme demi tetap terjaganya situasi Kamtibmas yang kondusif. “terangnya.

Semoga seluruh rangkaian pelaksanaan Operasi Bina Kusuma Lipu 2023 dapat mewujudkan situasi Kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Toraja Utara yang senantiasa aman dan kondusif, tutupnya.
(*)

Tinggalkan Balasan