16 Juni 2024

Kapolres AKBP H. Fatchur Cek Ruangan dan Kesehatan Tahanan. Ini pesannya

JP WAJO _ Dalam mengantisipisi terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan terhadap tahanan dirutan Polres Wajo, Kepala Kepolisian Resor Wajo AKBP H. Fatchur Rochman didampingi Wakapolres Wajo, Kompol Hardjoko dan para Kasat melaksanakan pengecekan terhadap tahanan dan pengecekan kesehatan tahanan secara rutin bersama Sidokes serta perhatikan kondisi kebersihan dan kelayakan sarana-prasarana yang ada Rutan Mapolres Wajo, Jumat (7/6/2024).

Kegiatan pengecekan ini dilaksanakan dengan tujuan dapat mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan seperti tahanan sakit, kabur dan sebagainya.

Pada pengecekan tahanan ini, Kapolres Wajo AKBP H. Fatchur memeriksa tahanan dan menanyakan kondisi apakah dalam keadaan sehat dan menanyakan keluhan tahanan selama berada dalam rutan Polres Wajo.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Fatchur menyampaikan kepada para tahanan untuk Ikhlas menjalani masa hukuman jangan buat tindakan yang dapat merugikan diri sendiri.

“Para tahanan dapat introspeksi diri dan menyadari segala kesalahan yang diperbuat agar bila selesai menjalani masa hukuman, dapat berperilaku baik selama menjalani masa tahanan dan tidak mengulangi perbuatannya serta selalu menjaga kebugaran tubuh, serta selalu menjaga kebersihan ruangan dan kebersihan diri.” Pesan Kapolres.

Kapolres Wajo juga menekankan kepada Kasat Tahti senantiasa memeriksa fasilitas ruang tahanan termasuk masalah air dan petugas jaga tahanan agar kewaspadaan ditingkatkan, lakukan pengecekan dan kontrol tahanan setiap saat, dan jaga kebersihan serta perhatikan makan dan olahraga tahanan sehingga para tahanan tidak berpikiran macam-macam selama ditahan.

“Selain itu, Kami ingatkan Kepada Petugas Jaga Tahanan untuk lakukan pencatatan terhadap siapapun yang besuk terhadap tahanan, maupun makanan yang dikirim untuk tahanan,” ucap Kapolres.

Selain itu, Kapolres Wajo mengingatkan kepada personel untuk melaksanakan pengecekan tahanan secara berkala/random guna memastikan tahanan tidak berbuat macam-macam.

“Prioritaskan kesehatan tahanan, apabila tahanan tidak enak badan segera melapor kepada petugas jaga agar dipanggil Dokkes Polres untuk segera di periksa” Lanjut Kapolres.

Sumber **Kasi Humas Polres Wajo**