16 Juni 2024

Polres Polman Lakukan Pengamanan Kegiatan Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Yang Digelar Oleh Bawaslu Kab. Polman

Polman,Jawaposs Online- Polres Polewali Mandar- Bawaslu Kab.Polman yang didampingi Personil Gabungan Polres Polman, Kodim 1402 Polman dan Satpol PP Kab. Polman gelar Penertiban Alat Peraga Kampanye(APK) yang ada di kab. Polman pada hari Rabu 08/11/2023.

sasaran dalam pelaksanaan penertiban APK adalah berupa bendera serta Gambar para Calon Presiden/Cawapres, Calon anggota DPD RI dan para Caleg yang terdapat gambar Partai pengusung dan terdapat nomor urut Partai, nomor urut calon serta penempatan Baliho yang di anggap melanggar aturan :
– Perbup no. 21 tahun 2013 tentang pengaturan reklame dan APK (alat peraga Kampanye).
– PKPU no. 15 tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu
– UU Pemilu no. 7 tahun 2017.
– Perbawaslu no. 11 tahun 2023 tentang pengawasan Kampanye Pemilu.

Sebelum pelaksanaan Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) diawali dengan arahan Ketua Bawaslu Kab. Polman USMAN B., S.Ag., M.H dalam arahanya memyampaikan Dalam kegiatan penurunan baliho pada pohon ataupun tiang listrik akan dilakukan oleh SatPol PP Kab. Polman yang dimana merupakan salah satu penegakan perda di Wilayah Kab. Polman.
Apabila terdapat tiang atau pohon yang bersimbol dari salah satu pihak partai politik dengan cara diwarnai menggunakan pilox atau cat maka akan dilakukan penertiban.
Terdapat 2 Regu yang akan melakukan penertiban di Wilayah Kab. Polman yang dimana regu 1 melakukan hal penertiban penurunan Alat Peraga Kampanye (APK) di Wilayah Kec. Binuang s/d Kec. Wonomulyo sepanjang jln. Poros trans Sulawesi dan untuk regu 2 melakukan penertiban penurunan Alat Peraga Kampanye (APK) di Wilayah Kec. Mapilli s/d Kec. Tinambung sepanjang jln. Poros trans Sulawesi.

Sebanyak 1.235 baliho/poster dan 78 bendera yangditertibkan di Wilayah Kab. Polman yang keseluruhan Alat Peraga Kampanye (APK) dikumpul dan disita oleh Bawaslu Kab. Polman.

Ditempat lain Kapolres Polman Akbp Agung Budi Leksono S.H, S.I.K, M.Pd menyampaikan kesiapan polres polman dalam mengawal dan mengamankan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dan mendukung penuh kegiatan tersebut guna kelancaran, keamanan dan ketertiban demi terciptanya pemilu aman dan damai.

“Kami akan mendukung secara penuh kegiatan penertiban APK ini, dan siap mengawal , mengamankan juga menertibkan untuk kelancaran kegiatan pemilu 2024 nantiny” jelas kapolres polman

“Dan kami juga berharap adanya dukungan penuh dari instansi-instansi terkait juga seluruh elemen masyarakat agar nantinya situasi kamtibmas diwilayah kabupaten polman ini dalam kegiatan tahapan pemilu kedepan tetap kondusif” tambahnya

Kegiatan tersebut dilaksanakan hingga malam hari hingga pukul 22.30 wita.

Humas Polres Polman