16 Juli 2024

SMAN 17 Makassar Diduga Salahi Aturan PPDB Jalur Zonasi Dengan Memalsukan Data KK

0

JP Makassar – Abdul Aziz salah seorang warga yang berdomisi di jalan Sunu kota Makassar mempertanyakan keamanan dan kerahasiaan data kependudukan kartu keluarga (KK).
Pasalnya, ada sebuah nama yang masuk dalam daftar kartu keluarga (KK) miliknya tanpa sepengetahuan dirinya.

Hal ini diketahui setelah tim verifikasi Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 mendatangi rumahnya dan mempertanyakan kebenaran data Calon Peserta Didik Baru (CPDB) jalur zonasi yang lulus di SMA Negeri 17 Makassar.

“Saya juga baru tau ini waktu datang 4 orang tim survei mempertanyakan apakah benar salah satu nama yang masuk dalam daftar KK (kartu keluarga) kami tinggal di sini. Saya jawab tidak ada keluarga atas nama yang diperlihatkan itu.” ungkap Abdul Aziz kepada Wartawan, Rabu (12/7/2022).

Mengetahui data KK nya diduga dipalsukan dan dimanfaatkan untuk kecurangan pada PPDB online, dirinya pun protes dan akan mempertanyakan hal itu kepada pihak pihak terkait,

“Saya protes dan tidak terima ada nama orang lain masuk dalam daftar kartu keluarga, bagaimana itu bisa terjadi, padahal semua data KK itu ada di Disdukcapil bahkan dijamin keamanan dan kerahasiaannya. Saya curiga ada oknum yang bermain.” ketusnya.

Sebagaimana diketahui bahwa salah satu persyaratan PPDB jalur zonasi adalah domisili calon peserta didik pada kartu keluarga, setidaknya 1 tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB..(*)

Tinggalkan Balasan