15 Juni 2024

Wali Kota Danny Pomanto Imbau Siaga Banjir pada Puncak Pasang Sore hingga Malam Nanti

 

 

MAKASSAR,- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengimbau kepada masyarakat Kota Makassar agar mewaspadai adanya banjir.

 

Hal itu dipicu oleh curah hujan tinggi dan adanya puncak pasang yang akan dimulai pada pukul 17.00 – 21.00 WITA, Sabtu, 9 Maret 2023.

 

“Semua siaga banjir hari ini 9/03/2024, terutama pada saat puncak pasang yang mulai jam 17.00 – 21.00 WITA,” kata Danny Pomanto sapaan akrabnya, pagi tadi.

 

“Kepada seluruh OPD Camat, Lurah dan warga masyarakat agar tidak panik dan perlu mewaspadai banjir pasang naiknya air laut yang dipicu curah hujan yang tinggi,” sambungnya.

 

Dalam arahannya, ia menuturkan, perubahan iklim memberikan dampak yang begitu luas, termasuk bencana banjir yang terjadi di banyak daerah.

 

Olehnya, ia menekankan pada bagaimana kesiapan mitigasi bencananya.

 

“Koordinasi, komunikasi dan akumulasi semua kekuatan kita dan mempersiapkan masyarakat menghadapi bencana itulah kuncinya,” kata Danny.

 

Ia menjelaskan, rumus terjadinya banjir ialah curah hujan tinggi, dan pasangnya air laut. Kedua indikator dapat dilihat di aplikasi.

 

Tetapi yang ia garisbawahi ialah soal drainase yang tersumbat tidak dapat dilihat di aplikasi. Makanya dirinya menginstruksikan agar saluran drainase terus dimaintenance.

 

Dari situ, upaya mitigasi inilah yang dipertebal dan disempurnakan.

 

Termasuk, ia tekankan perihal kelistrikan saat bencana terutama banjir agar mampu diantisipasi saat air meninggi. (*)