16 Juni 2024

Desa Pattirodeceng Kec. Camba Kab. Maros Dukung Program Pemerintah, Keperwil WBN Sulsel Apresiasi Hal Tersebut

Maros,-Pada 2023, Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Desa mencapai Rp 124 triliun, sedangkan pemerintah kabupaten (pemprov)/kota (pemkot) menyumbang Rp 47 triliun atau berperan dalam 38 persen dari pembangunan desa.

Hak mendapatkan akses dan informasi dalam pembangunan desa, yaitu berdasarkan Pasal 68 Undang-undang No.6/2014.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, pengalaman desa-desa di Indonesia telah membangkitkan optimisme pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 2030. Hal itu, kata dia, sesuai dengan target yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, Jokowi menyebut bahwa Indonesia harus mencapai nol persen kemiskinan ekstrem pada 2024. “Untuk itu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) menginisiasi pelokalan tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan hingga ke level desa,” ujar Gus Halim itu dalam siaran pers.

Dari program pemerintah tersebut, Desa Pattirodeceng Kec. Camba Kab. Maros, memiliki Program Pemanfaatan Dana Desa Dalam Pembangunan Daerah Tertinggal dan Pemberdayaan Masyarakat seperti yang diungkap kepada Kepala Wilayah WBN Sulsel pada Selasa,24/10/2023.

“Kami melakukan Ketahanan pangan seperti pengadaan pupuk untuk warga, Kesiapsiagaan bencana berupa pelatihan kesiapsiagaan bencana dan pengadaan perahu karet untuk kedepan, BLT untuk masyarakat miskin ekstrem, Pencegahan dan penurunan angka stunting, Proses pengerjaan akses ke tempat wisata air terjun maddenge, serta bidang lingkungan yaitu pengelolaan sampah”jelas Abd.Kadir, ST. ,selaku kepala Desa.

Sementara Herman selaku Kepala Wilayah sangat mengapresiasi atas kinerja Kades Pattirodeceng yang penuh loyalitas dan totalitas mengurus warganya.